Buah berwarna kuning yang sering kita jumpai di pasar tradisional maupun di supermarket, ternyata memliki khasiat yang sangat baik untuk jantung.

Pisang memiliki kandungan kaliumnya sangat tinggi. Selain itu, mineral yang ada di dalam pisang juga berguna dalam melancarkan peredaran dan mencegah adanya plak di pembuluh darah. Selain itu, pisang juga dikenal sebagai salah satu makan pengusir kanker dan tumor.

Ternyata ada fakta menarik dari pisang yang berbintik-bintik hitam di kulitnya, berarti pisang ini memiliki senyawa yang dinamakan Tumor Necrosis Factor (TNF).

Senyawa ini mampu melawan kehadiran sel abnormal dalam tubuh. Semakin banyak bintik hitam pada kulit pisang, kandungan senyawa menjadi lebih tinggi.

Senyawa Inilah yang nantinya makin memperkuat kekebalan tubuh dan melawan tumor atau kanker.

Sebuah studi di Jepang menunjukkan jika pisang yang matang memiliki kandungan TNF yang sangat kuat berperan sebagai antikanker. Peneliti menyarankan makan pisang sebagai sarana pencegahan dan terapi kanker. 

Pisang berbintik hitam memiliki alfa-TNF yang jumlahnya mencapai 8 kali lipat lebih tinggi dari pisang dengan kulit hijau atau pisang segar tanpa bintik. Peneliti menemukan, keampuhan dari pisang bintik dapat meningkatkan fungsi sel darah putih juga hingga 8 kali lipatnya.

Dalam tubuh, TNF menjadi sitokin atau zat yang nantinya disekresikan sel-sel tertentu pendukung imunitas. Selain itu, sel-sel lain juga akan terpengaruh.

Saat zat tersebut bertemu dengan sel yang tidak sehat dan cenderung abnormal, maka segera diperangi.

Dianjurkan makan pisang berbintik sebanyak 1-2 buah per hari untuk mendapatkan manfaat ini.

Post a Comment Blogger

 
Top