Ingin menurunkan berat badan tanpa harus menunggu 'berabad-abad' untuk melihat hasilnya? Maka Anda bisa memulainya dari sarapan. Makan pagi rupanya amat berpengaruh dalam proses penurunan berat badan dan menghasilkan tubuh yang lebih langsing. Menu sarapan pun perlu diperhatikan. Women's Health USA menganalisa data yang didapat dari aplikasi smartphone MyFitnessPal.

Aplikasi yang telah memiliki lebih dari 65 juta pengguna itu memungkinkan penggunanya untuk memeriksa berat badan, aktivitas fisik hingga kebiasaan makan. Dari jumlah pengguna yang sukses merampingkan tubuhnya, ternyata memiliki kesamaan dalam pola makan mereka. Pengguna yang berhasil menurunkan berat badannya hingga 4,5 kg, rata-rata melakukan 10 kebiasaan ini dalam ritual makan paginya. Seperti apa?

1. Kopi
Minum kopi hitam bisa sangat membantu, jika Anda termasuk orang yang suka berolahraga di pagi hari. Hasil studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolims menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berkafein, baik itu kopi atau teh sebelum beraktivitas fisik bisa membantu meningkatkan pembakaran kalori hingga 15 persen.

2. Telur
Penelitian yang dilakukan oleh Biofortis Clinical Research dan University of Missouri Department of Exercise Physiology and Nutrition mengungkapkan, sarapan dengan makanan berprotein tinggi akan membuat perut terasa lapar lebih lama sehingga keinginan untuk ngemil tidak muncul ketika menjelang siang. Sebab, protein butuh waktu lama untuk dicerna tubuh dan membuat Anda mengasup kalori lebih sedikit. Daging dan ayam merupakan sumber protein tinggi, namun terlalu 'berat' untuk dikonsumsi di pagi hari. Maka disarankan mengonsumsi telur sebagai penyedia energi di pagi hari. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara direbus, dibuat telur mata sapi, telur orak-arik atau omelet.

3. Blueberry
Buah berwarna biru keunguan ini kaya akan antioksidan serta nutrisi. Belum dihitung kandungan berbagai vitamin di dalamnya. Blueberry juga rendah kalori dan gula sehingga aman untuk Anda yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan. Buah ini bisa dinikmati bersama yoghurt tawar

4. Teh Hijau
Teh hijau memiliki properti yang bisa membantu meluruhkan lemak. Selain itu teh hijau juga mengandung antioksidan polifenol yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat 'serangan' radikal bebas. Minum teh hijau tanpa tambahan gula maupun krim untuk mendapatkan

5. Susu
Seperti telur, susu juga kaya akan protein dan mengandung sedikit karbohidrat. Minum susu bisa memberi efek mengenyangkan sehingga mengurangi keinginan ngemil di antara jam sarapan dan makan siang. Anda bisa memilih susu full cream ataupun low fat, tergantung selera. Namun bagi yang memiliki intoleransi laktosa (kekurangan enzim yang bisa mengolah laktosa di dalam susu) tidak disarankan mengonsumsi susu sapi. Anda bisa memilih alternatif lain, yaitu dengan susu kedelai atau susu almond.

Post a Comment Blogger

 
Top